Selasa, 01 Maret 2016

Bahagia Itu Sederhana.....Baca 5 Tips Ini Agar Hidup Lebih Bahagia

Sahabat setia ayosebarkaninfo.com, pernah tidak terlintas dalam fikiran kita :
"Kalau saya punya uang banyak, saya pasti akan bahagia"
"Kalau saya punya mobil bagus, saya pasti akan bahagia"
"Kalau saya punya ini, punya itu, saya pasti akan bahagia"

Jika kita lihat sepintas, hal itu mungkin ada benarnya, tapi apakah dengan memiliki uang banyak dan mobil bagus hidup kita sudah pasti bahagia??
Belum tentu bukan??
Karena kebahagiaan seseorang itu tidak bisa dinilai dari banyaknya harta dan kekayaan yang dimilikinya, kebahagiaan tergantung dari bagaimana cara orang tersebut dalam menyikapi dan memaknai hidupnya. Sudah banyak kita lihat contohnya, berapa banyaknya orang yang hidupnya tidak bahagia, meski mereka sudah memiliki segalanya. Dan betapa banyaknya orang yang hidupnya serba kekurangan tapi mereka merasa hidupnya sangat menyenangkan.

Nah dari contoh di atas timbul pertanyaan, Sebenarnya apa sih rahasianya agar hidup kita lebih bahagia? Kenapa banyak sekali orang-orang yang merasa tidak bahagia padahal hidupnya sudah sangat berkecukupan. Untuk mengetahui jawabannnya, mari kita simak tips berikut ini.


5 TIPS UNTUK HIDUP LEBIH BAHAGIA

1. Berhentilah Mengeluh

Mengeluh adalah suatu perbuatan yang sangat mudah dilakukan, bahkan banyak orang yang menjadikannya sebuah kebiasaan. Dengan mengeluh masalah tidak akan pernah selesai malah akan bertambah parah. Mengeluh hanya akan menguras energi sehingga menjadikan kita pribadi yang selalu berburuk sangka terhadap semua hal, baik itu terhadap pekerjaannya, keluarganya, dan bahkan berburuk sangka terhadap Sang Pencipta Alam Semesta yakninya Allah SWT. Jadi mengeluh hanya akan membuat hidup kita sengsara dan jauh dari kebahagiaan.

2.Berusahalah Untuk Selalu Berfikir Positif

Berfikir positif adalah berfikir terhadap sesuatu tanpa memandang sisi negatifnya, atau bisa juga diartikan sebagai suatu cara menghadapi setiap masalah dengan mengambil hikmah dibaliknya. Dengan berfikir positif seseorang dapat melahirkan sikap optimis dalam dirinya, sikap seperti inilah yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan hidup. Stres pun bisa berakibat baik jika kita mampu mengelolanya dengan cara yang positif.

Banyak orang yang beranggapan bahwa berfikir positif itu adalah suatu hal yang sangat sulit dilakukan, apalagi ditengah himpitan hidup yang semakin meningkat. Namun semua itu sebenarnya tergantung pada individu kita masing-masing. Jika kita mengatakan berfikir positif itu sulit, maka yang terjadi pasti akan sulit, dan sebaliknya jika kita mengatakan itu mudah maka yang terjadi pasti akan mudah. Karena sulit atau mudahnya segala sesuatu itu sangat tergantung dari cara kita memandangnya.

3. Warnailah Harimu Dengan Senyuman

Bagi seorang muslim, senyum itu adalah sedeqah yang paling mudah dilakukan oleh siapa saja. Senyum bisa mencairkan suasana hati yang lagi gundah, sehingga kita bisa terhindar dari stres yang membuat hati menjadi tidak bahagia. Senyum juga mampu memancarkan aura positif di dalam diri kita. Jadi mulai sekarang berikanlah senyum yang tulus kepada orang-orang di sekeliling kita, karena dengan tersenyum bisa membuat hidup kita menjadi lebih bahagia.

4. Ikhlaslah Menerima Semua Ujian Hidup

Setiap manusia pasti ingin meraih kebahagiaan dan ketenangan dalam hidupnya. Namun sayangnya hidup itu tidak mudah, hidup itu butuh perjuangan. Hidup itu selalu dihadapkan pada masalah-masalah, yang terkadang membuat kita lelah dan sering mengeluh dengan keadaan. Tapi coba kita renungkan hidup ini hanyalah sementara, tidak ada gunanya kita terlalu larut dalam kesedihan, belajarlah untuk menerimanya dengan hati yang ikhlas dan sabar. Maka hidup itu pasti akan terasa mudah, indah dan bermakna, sehingga kita akan bisa merasa tenang dan bahagia meski masalah selalu ada.

5. Selalu Bersyukur

Dalam keseharian, sering terbersit dalam dalam fikiran, kita merasa kurang puas dengan keadaan kita saat ini, mungkin kita merasa kecewa karena apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan kenyataan yang kita terima. Kadang kala dengan ketidakpuasan kita terhadap keadaan dan kehidupan kita sekarang, seringkali membuat kita merasa tidak bersemangat dan kurang bergairah, lesu dalam bekerja dan beraktifitas. Bahkan yang paling parahnya kita malah berburuk sangka terhadap Rahmat dari Allah SWT. Padahal kalau kita perhatikan di sekeliling kita, begitu banyaknya orang-orang yang tidak bernasib sama dengan kita, masih banyak orang-orang yang tidak diberi rahmat seperti kita. Tidak tergerakkah hati kita melihat anak-anak yang tidak memiliki orang tua, anak-anak yang dibuang ditempat sampah dan masih banyak lagi yang lainnya.
Jadi dari contoh tersebut dapat kita simpulkan bahwa bahagia itu sederhana, cukup nikmati dan syukuri saja keadaan kita saat ini, apapun bentuknya susah senang, kaya ataupun miskin, karena semua itu pasti ada hikmahnya. Maka dengan begitu kita pasti akan merasa bahagia.


Nah, itulah 5 tips untuk hidup lebih bahagia, dan mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

"Wassallam"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar